Perbedaan Printer Inkjet Dan Laserjet

Semakin canggihnya era globalisasi, diketahui bahwa alat teknologi saat ini menjadi mampu memudahkan pekerjaan manusia dengan cara memberikan hasil cetakan dari proses pengolahan data dalam bentuk software didalam komputer menjadi bentuk hardware (cetakan yang terlihat secara nyata). Nah, cara tersebut dapat dilakukan melalui pengaplikasian alat yang disebut sebagai printer. Seiring pula dengan  perkembangan zaman, dikembangkan pula jenis printer sehingga mampu diaplikasikan tidak hanya dalam satu versi saja. Lalu apa saja sih jenis printer yang saat ini sedang booming? Nah, para pengguna komputer tentunya tidak asing lagi dengan printer inkjet dan printer laserjet.

Inkjet vs Laser - Which Type of Printer is the Right Fit for Your Work? -  Technosoups
Perbedaan printer inkjet vs laser

Sedikit cerita, printer inkjet adalah salah satu jenis printer yang mampu mencetak menggunakan tinta hingga mampu menghasilkan cetakan berupa teks hingga gambar pada sebuah kertas. Didalam printer ini memiliki dua buah cartridge yang mampu menampung dua jeis tinta yaitu tinta hitam dan tinta warna. Sedangkan printer laserjet adalah salah satu jenis printer yang memiliki metode pencetajan berupa tinta bubuk atau toner yang menggunakan perangkat infra merah.

perbedaanya apa ya sehingga bisa memberikan keistimewaan di setiap jenisnya? Nah, pada postingan kali ini, akan dibahas mengenai perbedaan dari jenis printer. Berikut ulasannya :

Teknologi Yang Digunakan

Jika dilihat dari segi teknologinya, nyatanya jenis printer memiliki perbedaan lho. Nah, kalau melihat dari segi fisiknya, sudah bisa diidentifikasi.

Kalau printer inkjet memakai teknologi mulut semprot yang terdapat pada kepala catridge. Sehingga, printer ini mengusahakan mampu mengaplikasikan tinta dengan cara mengeluarkan tinta melalui cara penyemprotan. Berbeda dengan printer laserjet, printer ini memakai teknologi dari prinsip elektrik statis yaitu menggunakan sinar laser kecil yang mampu bekerja menembus photoreceptor yang bergerak secara horizontal dan mampu membentuk tulisan atau gambar.

Perbedaan Jenis Tinta

Perbedaan selanjutnya yaitu perbedaan jenis tinta. Jenis tinta yang digunakan nyatanya berbeda.

Perbedaan jenis tinta

Printer inkjet jika dilihat secara keseluruhan jenis tinta yang digunakan menggunakan empat macam warna, mulai dari warna hitam, cyan, blue hingga magenta. Warna tersebut disemprotkan hingga mampu disesuaikan dengan kebutuhan user. Sedangkan printer laserjet, jenis tinta yang digunakan adalah tinta bubuk atau toner. Tinta bubuk tersebut memiliki kualitas yang lebih bagus sehingga hasil cetaknya menjadi kering dan tidak mudah luntur.

Kecepatan Printer

Dari segi kecepatan, diketahui bahwa printer memiliki perbedaan yang cukup terlihat.

Update Daftar Printer Inkjet Harga di Bawah Rp1 Juta | Daftar Harga & Tarif
Kecepatan printer

Hal tersebut diketahui dalam banyaknya durasi pencetakan. Printer inkjet mampu mencetak dalam durasi waktu kurun satu menit untuk enam halaman. Sedangkan printer laserjet memiliki durasi pencetakan yang jauh lebih cepat, jika dalam durasi satu menit mampu menghasilkan 20 halaman. Perbedaan yang dihasilkan mampu dilihat dari ukuran kertas dan jenis dokumen cetakan.

Kualitas Dari Hasil Cetak

Kualitas hasil cetak akan terlihat berbeda dari kedua jenis printer. Jika dilihat secara sekilas saja, hasil cetak dokumen dengan warna hitam putih yang dihasilkan oleh printer inkjet dan laserjet memiliki persamaan. Namun siapa sangka, nyatanya ketahanannya terhadap kelembapan ternyata berbeda. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, printer laser akan lebih tahan lama pada kelembapan karena memang menggunakan toner sebagai tintanya.

Kualitas hasil cetak tiap printer

Jika dilihat dari segi detail cetakan, printer laser akan mencetak lebih detail dokumen dengan ukuran kecil baik teks ataupun gambar. Sehingga, gradasi warna yang dihasilkan menjadi menyatu dan menghasilkan kualitas yang lebih baik. Sedangkan printer inkjet, hasil cetakannya akan menjadi gambar yang sedikit kabur atau buram, sehingga susah dilihat secara jelas.

Harga Printer

Jika diketahui bahwa kualitas antara printer inkjet dan laserjet, sudah pasti harga yang dipatok oleh printer laserjet menjadi lebih mahal. Awalnya memang printer laserjet hanya mampu mencetak satu warna saja, namun sekarang sudah didesain mampu mecetak banyak warna sehingga tak heran jika harganya juga lebih mahal. Namun, untuk printer inkjet diketahui harganya lebih terjangkau dan murah atau kebanyakan harga yang dipatok kurang dari satu juta saja. Kebanyakan printer inkjet ini bisa mencetak file yang dominan simple di perkantoran, seperti mencetak surat atau pembukuan secara sederhana saja.

Perawatan Printer

Jika sudah diketahui secara karakteristik printer laserjet dan inkjet. Maka, dapat diketahui pula bahwa printer inkjet akan lebih mudah dirawat karena hanya membersihkan segi fisiknya saja agar terhindar dari segi debu dan kotoran. Sedangkan pembersihan printer laserjet terkesan akan menjadi lebih rumit. Hal tersebut dikarenakan printer laserjet lebih rawan mengalami kertas yang banyak menyangkut saat mencetak. Jika hasil cetak tidak maksimal, maka pengguna akan lebih sulit memperbaikinya secara mandiri, jadi harus ke tempat service yang jauh lebih paham masalah printer laserjet.

Best Laser Printers - Northbridge Computer Technologies & Consultants
Perawatan tiap printer

Sparepart yang dimiliki oleh printer laserjet juga akan lebih mahal jika dibandingkan dengan printer inkjet. Hal tersebut diketahui juga karena ketahanannya juga memang lebih baik.

Jumlah Peminat

Jika dilihat dari segi popularitas atau tingkat peminat masyarakat diketahui seimbang lho, karena memang isi peminatnya banyak sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam urusan masing – masing. Rata – rata penggunaan printer laserjet digunakan untuk kebutuhan komersil seperti percetakan foto, poster, lebel kemasan hingga stiker. Sedangkan printer inkjet juga memiliki peminat banyak juga untuk kebutuhan rumah, sekolah atau perkentoran untuk mencetak keperluan dokumen seperti surat menyurat dan cetakan dalam ukuran kecil lainnya.

Nah, ingin memilih jenis printer yang mana? Tidak hanya selalu printer laserjet yang memberikan kualitas terbaik kok, printer inkjet juga bisa memberikan kualitas yang tak kalah bagus. Yah, karena memang keduanya memang sama – sama bagus. Asalkan pengguna bisa mengerti kebutuhan yang dikeluarkan apa dan sesuaikan dengan jenis printernya ya. Kalau untuk kebutuhan kantor atau sekolah yang hanya mencetak dalam ukuran kecil, bisa memilih printer inkjet. Namun, jika untuk usaha, akan lebih baik jika pengguna menggunakan printer laserjet.