Sebelum Beli Laptop Pahami Dulu Perbedaan AMD dan Intel

Berbicara masalah processor pasti yang muncul dalam benak Anda adalah antara Intel dan AMD (Advance Micro Device). Ya, memang dua merk dagang inilah berhasil menguasai pasar dunia saat ini dan semuanya berasal dari Amerika Serikat. Dari beberapa hasil pengujian yang sudah dilakukan, bisa ditarik kesimpulan bahwa processor dengan multi core-Dual core ataupun Quad core memiliki kemampuan kinerja yang lebih, jika dibandingkan dengan processor ber-core tunggal. Hal tersebut bisa dipahami, karena memang processor dual core atau quad core memiliki jumlah core yang lebih banyak, ditambah dengan L2 Cache yang lebih besar. contoh untuk Intel Core 2 Extreme (quad core) memiliki L2 cache 4 MB, Intel Core 2 Duo L2 cache-nya 1 MB, sedangkan Pentium 4 hanya memiliki L2 cache sebesar 512 KB.

GPU Desktop Baru Milik Intel Tak Akan Berfungsi di AMD - Tekno Liputan6.com

Banyak orang yang suka dengan Intel karena beberapa kelebihan Intel. Tetapi, banyak juga orang yang menyukai AMD karena kelebihan AMD. Menurut saya, kedua prosesor tersebut merupakan prosesor yang sangat baik performanya dan memiliki kredibilitas serta integritas yang mumpuni dibandingkan prosesor lainnya.

Apa sih Processor itu?

Processor atau dalam bahasa Indonesia disebut ‘Prosesor’ atau yang lebih dikenal dengan CPU (Central Processing Unit) atau otak dari Komputer adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer digunakan sebagai pusat pengendali komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Tanpanya Komputer atau Pc Anda tidak dapat berfungsi/berjalan.

INTEL

Kelebihan:

  1. Intel Tidak Mudah Panas

Hal itu bisa terjadi karena pada prosesor Intel telah dirancang untuk mengatur suhu / temperatur pada saat laptop / komputer bekerja.Bayangkan, sobat menggunakan sebuah laptop memiliki prosesor dengan merk Intel selama berjam-jam. Pasti laptop tersebut akan panas kan ?

Nah, panas itu ditangani langsung oleh Intel. Wah, sebuah tekanan suhu yang tinggi dari sebuah laptop diredam langsung oleh prosesornya sendiri. Pasti akan lebih optimal peredamannya dibandingkan dengan peredaman panas yang tidak ditangani langsung oleh sang prosesor.

2. Intel Tidak Mengeluarkan Suara Yang Berlebihan Saat Bekerja

Pada saat menjalankan proses, sang prosesor Intel tidak mengeluarkan suara yang tidak enak didengar oleh yang mendengar.Hal itu karena produsen Intel memprioritaskan kepuasan pelanggan dan User Experience (UX) pada saat menggunakan Intel.Intel itu sebuah bisnis.

Seperti layaknya AMD, Centaur, ARM, dan lain-lain.Agar para pelanggan puas dengan layanan yang diberikan oleh Intel, maka si Intel harus membuat pelanggannya puas dengan memberikan kualitas yang baik. Masuk akal kan ? Produsen Intel mengakalinya dengan memasang teknologi heatsink pada Intel.

Heatsink ini pada saat bekerja, tidak mengeluarkan suara.Logikanya, apabila sesuatu yang pada saat bekerja tidak menimbulkan suara yang berisik jika digunakan dalam sebuah prosesor maka akan membuat prosesor tersebut tidak berisik saat bekerja.

3. Dalam segi multimedia produk intel lebih bagus

Jika sobat seorang youtuber, atau pembuat video, maupun pembuat game maka sobat membutuhkan yang namanya rendering. Lalu, bagaimana jika saya ingin me-render video dengan AMD ? Bisa ?

Jawabannya bisa.Tapi, proses rendering nya bisa memakan waktu yang lebih lama dari prosesor Intel dan kualitasnya pun masih kalah dibandingkan dengan Intel.Makanya saya sarankan bagi sobat yang membutuhkan proses rendering, sangat dianjurkan membeli laptop dengan prosesor ber merek Intel.

4. Lebih Menang Merek (Brand) di Pasaran

Intel lebih duluan naik daun daripada AMD. Intel diproduksi lebih awal dibandingkan dengan AMD. Hal itulah yang menyebabkan pamor Intel lebih tinggi daripada AMD.

Kalau soal merek, menurut saya tidak terlalu berpengaruh. Intel atau AMD kalau kualitasnya bagus ya berarti bagus. Tidak harus menang merek.

Tetapi, walaupun Intel lebih menang merek daripada AMD, kedua prosesor itu memiliki kualitas yang saling bersaing dan bisa dikatakan terbaik.

Intel bisa merebut hati para konsumen dengan menyajikan prosesor yang memiliki kualitas tinggi. Dengan strateginya, Intel pun berhasil melakukan hal ini dan banyak orang yang membeli laptop dengan prosesor tersebut.

Kekurangan

1. Biaya Yang Mahal

Banyak yang masih bingung akan membeli laptop dengan prosesor AMD atau Intel. Tetapi jika dilihat dari harga, itu merupakan kelebihan AMD atau dengan kata lain merupakan kekurangan Intel.Intel memiliki harga pasar yang bisa dikatakan ‘cukup mahal’ bila disandingkan dengan prosesor merek lainnya. Hal itu dikarenakan Intel telah memegang reputasi terkenal di pasar dunia.

Padahal, jika dibandingkan dengan AMD dengan spesifikasi dan kualitas yang setara, harga prosesor AMD jauh lebih murah daripada harga Intel.

Maka dari itu, sesuatu yang terkenal kebanyakan memiliki kualitas yang tinggi (di bidangnya). Dan sesuatu yang berkualitas kebanyakan memiliki harga yang cukup tinggi.

Anggapan kebanyakan orang kan kalau terkenal pasti mahal, dan kalau mahal pasti berkualitas tinggi.

 2. Kalau Rusak, Biaya Lebih Mahal

Jika sobat punya laptop atau komputer dengan prosesor Intel, maka jagalah laptop tersebut agar tidak sampai rusak. Karena jika sudah rusak (prosesornya), maka sobat akan membayar lebih mahal lagi untuk biaya service laptop.

Karena jika prosesor Intel sudah rusak, maka ketika diservice tidak bisa memisahkan antara motherboard dengan prosesor. Otomatis sobat juga harus membayar biaya pembelian motherboard yang baru kalau tidak mau laptop sobat rusak terus.

3. Intel Kurang Unggul Dalam Segi Grafis

Dalam segi grafis, AMD memang lebih unggul daripada Intel. Hal itulah yang menarik perhatian para gamer atau maniak game untuk membeli produk dari AMD. Ini merupakan solusi bagi para gamer yang bingung apakah mereka mau membeli prosesor Intel atau AMD.

4. Kalau Ingin Spesifikasi Tinggi, Biaya Juga Mahal

Lagi-lagi masalah uang. Selain terkenal akan kualitasnya, ternyata Intel juga memiliki popularitas terkait harga produknya yang lebih mahal.

Wajar saja sih kalau produk Intel itu lebih mahal, dia kan lebih memiliki reputasi dan pamor yang tinggi dibanding saingan-saingannya.

Nah, bagi sobat yang ingin memiliki laptop dengan prosesor Intel yang berspesifikasi tinggi, maka sobat juga harus mempersiapkan dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sobat.

Berikut perbandingan kedua prosesor seperti yang di kutip dari makinrajin.com

AMD

Kelebihan:

1. AMD Memang Lebih Murah Dari Intel

Jika sobat merupakan seorang gamer yang tidak mempunyai dana yang cukup banyak, sobat beruntung karena prosesor yang baik untuk kalangan gamer itu harganya cukup murah bila dijejerkan dengan Intel. Itu karena AMD belum terlalu memegang dan mendominasi kendali pasar dunia. Sementara ini, pasar dunia masih dipenuhi oleh Intel.

Mungkin setelah AMD mendominasi pasar dunia, harga prosesornya bisa mahal bahkan lebih mahal dari Intel.Cukup masuk akal kan ?

2. Lebih Unggul Daripada Intel Dari Segi Grafis

Satu poin lagi untuk para gamer. Selain harganya yang lebih murah, kualitas grafis prosesor AMD lebih bagus dan cocok untuk bermain game karena tampilan grafis dari game tersebut akan lebih menarik jika menggunakan prosesor AMD ini.Namun, bagi para youtuber atau tukang render kurang cocok jika menggunakan prosesor yang satu ini. Lebih baik memakai Intel saja kalau mau render.

3. Prosesor AMD Bisa Mendeteksi Malware

Sang pembuat AMD memiliki ide untuk menambahkan fitur pendeteksi virus/malware. Fitur tersebut dinamakan Enchanced Virus Protection (EVP). Fitur ini bekerja untuk mengecek apakah ada virus yang terdapat pada program yang akan dijalankan.

4. Lebik Baik Jika Menangani Aplikasi Berbasis 64 bit

Seiring berjalannya teknologi, maka perkembangan aplikasi juga semakin pesat. Hal itu mengakibatkan banyaknya aplikasi bahkan game pun menjadi berbasis 64 bit.

Nah, AMD pun mengambil peluang dengan melihat kondisi seperti ini. Maka, produsen AMD langung membuat prosesor yang lebih optimal ketika menangani aplikasi yang berbasis 64 bit. Itulah yang dinamakan bisnis. Nah, itu tadi beberapa kelebihan AMD. Sekarang saya akan bahas kekurangan prosesor AMD atau yang sering disebut dengan prosesor para gamer.

Kekurangan:

1.Prosesor Yang Kalah Nama Dari Intel

Jika dilihat dari jumlah pengguna di dunia, AMD masih tertinggal jauh dari Intel. Hal itulah yang membuat merek AMD belum terlalu dikenal oleh masyarakat awam.Ada orang yang sempat bertanya kepada saya, dia sempat bingung akan memilih prosesor Intel atau AMD ?”Al, menurut kamu lebih baik AMD atau Intel ?

Jawabannya tergantung kebutuhan…Intel atau AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan Intel itu berbeda dengan kelebihan AMD.Nah, dampak baik dari kekurangan ini adalah harga prosesor AMD lebih murah dari harga Intel karena AMD belum mendapatkan reputasi sebaik Intel.Padahal sebenarnya kualitas AMD itu tidak kalah dari Intel, bahkan bisa melebihi Intel. Namun, kenapa ya AMD kurang mendapatkan popularitas seperti Intel ?

2. Lebih Mudah Panas

Ketika sedang bekerja, AMD lebih sering mengeluarkan panas. Hal itu karena pada AMD tidak menggunakan heatsink sebagai komponen pendingin utamanya.Sebagian AMD masih menggunakan kipas / fan sebagai komponen pendinginnya. Sebagian lagi sudah beranjak ke ice cooler untuk mengurangi suara yang tidak enak didengar.

3. Kalah Untuk Segi Multimedia

Bagi sobat yang suka dengan dunia multimedia, saya sarankan agar jangan menggunakan prosesor ini dalam proses yang sobat lakukan.Lebih baik menggunakan Intel saja karena sudah dirancang untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan multimedia.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari prosesor Intel atau AMD. Semoga bisa membantu sobat dalam memilih prosesor yang cocok untuk kebutuhan sobat.

One thought on “Sebelum Beli Laptop Pahami Dulu Perbedaan AMD dan Intel

  1. Pingback: Beli AMD Atau Intel ya? – Alyosha Computer

Comments are closed.